Sabtu, 17 September 2011

SISKAMLING

Hoammm, masih ngantuk aku, banget. Sial banget, hari ini aku bangun kesiangan. Bangun tidur lihat jam eh udah jam 07.00 WIB. Mana belum sholat subuh lagi. Terpaksa deh subuh sama dhuha jadi satu. Sebenarnya sih bukan tanpa sebab aku bangun kesiangan, mengingat aku baru tidur jam 02.30 WIB tadi. Kok bisa???? Ya karena semalam aku dapat jatah ronda di tempat tinggalku. Ronda mungkin lebih biasa dikenal dengan istilah siskamling.
Siskamling merupakan kependekan dari Sistem Keamanan Lingkungan. Siskamling merupakan wujud nyata partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan disekitarnya. Berikut akan saya bahas beberapa manfaat dari Siskamling :

Untuk menjaga keamanan lingkungan
Seperti yang telah saya jelaskan diatas, Siskamling ini merupakan wujud nyata peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya Siskamling ini, sedikit banyak akan berkontribusi terhadap keamanan lingkungan. Sederhananya, tindak criminal di masyarakat bisa ditekan dengan adanya Siskamling. Pencuri jadi pikir-pikir jika mau beraksi karena adanya petugas yang keliling memeriksa keamanan lingkungan.

Menjaga kerukunan antar warga
Siskamling juga bisa menjaga kerukunan antar warga. Mungkin lebih tepat kalau menjaga keakraban antar warga. Warga yang setiap harinya disibukkan dengan aktivitas masing-masing, biasanya sudah tidak punya waktu, kalau ada mungkin sangat terbatas, untuk berinteraksi dengan sekitarnya. Hal ini dapat kita lihat di kota-kota besar, terutama di perumahan-perumahan. Tidak jarang kita menemukan fenomena orang tidak kenal dengan tetangga sebelahnya. Mengapa ini bisa terjadi??? Ya karena kurangnya interaksi. Mereka sudah sibuk dengan urusan masing-masing. Untuk keamanan mereka Cuma bayar iuran untuk satpam. Mungkin ini lebih enak dibanding kita harus ronda, tapi ini justru akan meningkatkan sikap individualistis. Berbeda dengan bila kita melakukan ronda, kita bisa saling ketemu antar warga, ngobrol, jadi bisa saling mengenal.

Sarana berbagi informasi
Selain hal-hal di atas , siskamling juga bisa menjadi sarana untuk berbagi informasi. Dalam Siskamling, biasanya warga berkumpul di suatu tempat yang disebut pos ronda. Disana ada berbagi hal yang biasa dilakukan, salah satunya menggosip. Biasanya menggosip dilakukan oleh ibu-ibu. Tapi jangan salah, bapak-bapak juga biasa menggosip. Dari kegiatan menggosip inilah informasi menyebar dari satu orang ke orang yang lain. Tapi tidak hanya gosip, seringkali pengumuman-pengumuman disampaikan melalui pos ronda.

Sobat blogger semua, itu tadi sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa diambil dari Siskamling. Masih ada banyak sekali manfaat dari siskamling. Oleh karena itu, mari kita lestarikan Siskamling. Jangan sampai budaya yang jelas-jelas bermanfaat ini lenyap termakan zaman yang semakin individualistis.

0 komentar:

Posting Komentar