Rabu, 09 November 2011

Nama Baru di Tabel Periodik Unsur Kimia

Sobat Blogger, pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengan istilah kimia, pelajaran kimia, dan sebagainya. Terutama yang dulunya sewaktu SMA duduk di kelas IPA. Pelajaran kimia bisa dibilang merupakan salah satu pelajaran yang ‘mungkin’ kurang disukai oleh para pelajar, karena pelajaran kimia bisa dibilang salah satu pelajaran yang susah untuk dipahami. Kalau memang benar begitu, ini bisa menjadi kabar buruk. Mengapa??? Karena pelajaran kimia yang sudah rumit tersebut kini mendapat pendatang baru dalam tabel periodik unsur. Ada tiga tambahan elemen baru yang ditambahkan di tabel periodik unsur. Ketiga nama-nama tersebut telah disetujui oleh Majelis Umum International Union of Pure and Applied Physics (IUPAP). Persetujuan tersebut dilakukan dalam rapat oleh Majelis umum yang beranggotakan 60 orang di Institute of Physics (IOP), London, Sabtu 5 Nopember 2011  yang lalu. Ketiga unsur tersebut diberi nama Darmstadtium (Ds), Roentgenium (Rg) dan Copernicium (Cn), masing-masing diberi nomor 110, 111 dan 112.
Kepala IOP dan Sekretaris Jenderal IUPAP, Dr Robert Kirby-Harris, seperti dikutip Daily Mail Sabtu lalu mengatakan, penamaan unsur ini telah mendapat persetujuan dalam konsultasi dengan fisikawan dari seluruh dunia dan kami senang melihat mereka diperkenalkan di tabel Periodik unsur.

Dalam publikasinya sabtu yang lalu, Livescience menyatakan bahwa ketiga unsur baru itu disebut elemen "superberat" atau transuranium. Unsur ini hanya ada di laboratorium, tak ada di alam, cepat sekali luruh menjadi elemen lain dan sulit dipelajari. Tak banyak yang diketahui tentang elemen itu. Ketiga unsur tersebut sebenarnya sudah lama ditemukan. Akan tetapi, pemberian nama tidak langsung dilakukan dikarenakan harus sesuai dengan persetujuan organisasi ilmuwan. Oleh karena itu, ketiga unsur tersebut baru bisa ditambahkan ke Tabel Periodik.
 
Secara umum, unsur dinamai sesuai penemunya, tempat ditemukan atau nama kehormatan. Copernicium misalnya, diciptakan 9 Februari 1996 dengan nama ununbium. Nama tidak berubah sampai tahun 2009 saat eksistensi unsur itu berhasil dibuktikan. Nama Copernicus lalu diambil untuk menghormati Copernicus, ilmuwan pertama yang menyatakan bahwa Bumi mengelilingi Matahari.
Sementara Roentgenium ditemukan 8 Desember 1994 dengan nama asli unununium. Nama Roentgenium lalu dipakai sebagai penghormatan atas jasa Wilhelm Conrad Roentgen, ilmuwan yang mendeteksi sinar X dan memenangkan nobel fisika tahun 1901.
Darmstadtium dibuat oleh Peter Armbruster and Gottfried Munzenberg dengan nama awal ununnilium. Nama Darmstadtium diambil sebab pembuatan dilakukan di fasilitas GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research di Jerman yang terletak di dekat kota Darmstadt.
Setelah berhasil memberi nama tiga elemen tersebut, para ilmuwan sekarang tengah berusaha untuk memberi nama unsur 114 dan 116 yang telah ditambahkan ke tabel periodik unsur bulan juli yang lalu. Nama resminya akan segera diperkenalkan beberapa waktu yang akan datang.


Sumber : kompas           

17 komentar:

  1. wah kalo pelajaran kimia, saya ga jagonya dulu saya selalu jelek nilainya... makasih infonya

    BalasHapus
  2. waduh kimia ga kuat.. sya paling bingung dengan istilah" yg di pakai kimia.. hehehe

    BalasHapus
  3. kimia sekarang suka disalah gunakan ya

    BalasHapus
  4. jadi ingat masa sekolah sahabat, btw saya lebih menyenangi math

    BalasHapus
  5. sebenar-nya di lab itu sangat banyak kemungkinan terbentuk-nya unsur2 kimia yang baru, namun satu hal yang membuat tidak dimasukkan dalam tabel priodik, karena sifatnya yang cepat berubah atau luruh dalam elemen/unsur kimia lainnya :)
    terimakasih kawan sudah berbagi info kimia

    BalasHapus
  6. Kimia??? Waladalah.... saya sangat stress bila ada kewajiban mapel ini...!!!

    BalasHapus
  7. Hey Nice Site have a good day

    BalasHapus
  8. mantap,kunjungan balik ea gan...

    BalasHapus
  9. nice blog,..

    mau blog anda jadi mesin pengumpul uang..? kunjungi blog ku. tips blog anda jadi mesin pengumpul uang secara gratis

    BalasHapus
  10. bagus neh info..
    salam kenal Sob...

    pasang link saya ya Sob... link sobat udah saya pasang di homepage saya...
    :)

    BalasHapus
  11. trimakasih yah sob, ini sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  12. Happy New Year 2012
    Hello, This is nice post. I thank you very much.
    I visit and give your full support ads and please support ads me back. Thank you in advance.

    BalasHapus
  13. Baru tahu saya gan, heee terimakasih atas postnya.

    BalasHapus